Wartawan Online Harus Bisa Ngeblog (blogging)

Wartawan, menurut KBBI adalah orang yang pekerjaannya mencari  dan menyusun berita untuk dimuat di surat kabar, majalah, radio, dan televisi; juru warta; jurnalis. Sedagkan wartawan online, bisa diartikan orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat di media online.

Bagi seorang wartawan tentunya dituntut untuk mempunyai sebuah  keterampilan dalam bidang yang ia tekuni apalagi jika wartawan itu berasal dari media online tentunya diharapkan mampu menguasai sebuah keterampilan dasar yaitu blog. Menurut Pak Romel, dosen Jurnalistik Online saya di kampus, seorang Wartawan media online tidak hanya dituntut untuk bisa menulis berita (teks) dengan baik, cepat, dan ringkas, tapi juga mesti mampu menguasai banyak hal terkait multimedia sehingga menjadi “adaptable journalist” (wartawan yang mampu beradaptasi dengan aneka media).

Seorang wartwan memang dituntut untuk memiliki banyak keahlian, terutama dalam memakasimalkan teknlogi dan informasi dalam menunjang aktivitas dan profesinya sebagai seorang wartwan online. Apabila seorang wartwan online tidak bisa memaksimalkan keberadaan teknologi dan informasi yang ada saat ini, maka ia gagal dalam menjalankan profesinya. Contoh kecilnya yaitu blog.

Blog, merupakan salah satu alat yang dapat dimanfaatkan keberadaanya untuk kepentingan menyampaikan beberapa ide, pesan ataupun gagasan. Blog memang lebih praktis dari ebsite, namun lebih sederhana. Maka dari itu wajib hukumnya serang wartwan online bisa ngeblog (blogging).

Fungsi blog dari sisi kejurnalistikan itu sendiri digunakan untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan atau informasi penting yang terjadi di sekitar kita. Mempublikasikan berita, informasi penting, serta tulisan-tulisan yang berdasarkan fakta. Tak jarang blog juga digunakan untuk mendapatkan infromasi terkini tentang sebuah perusahaan.

Menurut ASM. Romli, dengan ngeblog, Anda akan “learing by doing” soal menulis online (online writing), edit foto, embed video, belajar HTML dasar, kode-kode atau script, dan banyak lagi. Maka, just go… blog… ging! Ayo, awali dengan ngeblog!
Dengan demikian, wartawan media online harus serbabisa, yakni menguasai teknologi informasi dan komunikasi terkini, terutama terkait dengan internet (online). -(Novi.A) http://komunikasi.uinsgd.ac.id,

2 komentar:

Romel Tea mengatakan...

good.... cuma kok teksnya jadi "justify" ya? rata kiri lebih ok deh.....

Novi Adriyanti mengatakan...

Makasih Pakk sarannya.. :)
Tulisannya udah diedit.. maksud rata kiri seperti itu bukan pak?

Posting Komentar

Followers