PR Online “Solusi Baca PR Dimana Saja”

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini tak diragukan lagi. Berbagai informasi bisa dicari dengan satu “klik” saja. Buktinya, saat ini banyak media yang menyajikan informasi melalui media online. Media yang tadinya berupa cetak maupun elektronik, kini merambah juga ke media online.

Hampir setiap media massa memiliki versi online, baik itu dalam bentuk portal berita maupun ePaper. Salah satunya yakni situs Pikiran Rakyat Online. Berikut ini sekilas profil dari Pikiran Rakyat Online 


- Nama situs    : Pikiran Rakyat Online
- URL              : www.pikiran-rakyat.com
- Berdiri sejak   : September 1966
- Rubrikasi       : Persib & PBR, Bandung Raya, Jawa Barat, Olahraga, Politik, Nasional, Luar Negeri, Horison, Showbiz, Bisnis, Agenda, Ekonomi, Info Haji, Kuliner, Pendidikan, Pemilukada, Seni Budaya, Wisata, Foto dan Indeks.

Dalam kurun waktu 1996 hingga sekarang, berbagai perubahan tampilan "PR" Online, rubrikasi dan lain-lain disesuaikan dengan perkembangan zaman dan perkembangan pasar, dimana Pikiran Rakyat Online mulai menampilkan kategori berita seperti :

1. www.pikiran-rakyat.com  : Berisi Portal news update yang mengedepankan aktualitas dan kecepatan penyampaian kepada khalayak dengan karakteristik breaking news, realtime, dan running news.

2.PR-Info : Situs informasi yang menyediakan data direktori Jawa Barat, informasi bisnis, dan informasi penting lainnya yang berkaitan dengan kegiatan dan event bisnis.

3.Microsite Pikiran Rakyat : Miniweb berita dan informasi mengenai produk, dalam bentuk artikel, galeri foto maupun video.

4.PR-epaper : Harian umum Pikiran Rakyat dalam versi digital.

5.Pada event-event tertentu dibuatkan halaman khusus, semacam sidang istimewa MPR, Porda, PON, piala dunia, olimpiade, ramadan, dan lain-lain. Seperti tahun sekarang bertepatan dengan Pemilu, maka ada halaman khusus yaitu Pemilukada.

Sebagai  situs berita online yang merupakan bagian dari Harian Umum Pikiran Rakyat diharapkan Pikiran Rakyat Online bisa menjadi referensi masyarakat dalam mencari informasi tentang Jawa Barat yang sesuai dengan slogan PR Online “Solusi Baca PR Dimana Saja”. 


Tampilan
Dari segi tampilan, Pikiran Rakyat Online tampak sederhana dengan sekat-sekat yang memisahkan rubrik satu dengan yang lainnya. Sehingga tidak membingungkan pembacanya untuk mencari berita. Adapun tampilan Pikiran Rakyat Online dipandang dari beberapa elemen adalah sebagai berikut :

Degradasi Warna
Pikiran Rakyat Online memiliki background putih yang berperan untuk memberikan tampilan yang ringan. Akan tetapi untuk variasi terdapat warna biru muda dan biru tua sebagai aksentuasi perpaduan warna yang serasi.

Perataan
Tulisan-tulisan dalam Pikiran Rakyat Online menggunakan perataan kiri, sehingga menyisakan ruang baca. Fungsinya agar tulisan terkesan santai, dan mata pembaca pun tidak dibuat lelah.


Penggunaan Whitespace
Sesuai aturan Jurnalistik Online, untuk memisahkan tiap paragraf dalam tulisannya, Pikiran Rakyat Online menggunakan whitespace dari pada paragraf menjorok ke dalam.


Kelebihan
Pikiran Rakyat Online memiliki penggemar atau pembaca dari kalangan remaja atau dewasa yang memliki keterbatasan waktu atau kesempatan untuk membaca santai. Tak hanya itu masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi tentu akan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk dapat tetap menikmati layanan berita Pikiran Rakyat meski dalam keadaan yang mobile.
 

Pikiran Rakyat Online memang diciptakan untuk menjawab tuntutan masyarakat Bandung yang ingin mengetahui berita seputar Bandung, tetapi tidak memiliki waktu yang cukup untuk membaca Pikiran Rakyat versi cetak. Kelebihan Pikiran Rakyat Online adalah keaktualan beritanya. Maksudnya, kejadian hari ini bisa diberitakan hari ini juga.

Tak hanya itu, di Pikiran Rakyat Online pun memungkinkan pembacanya mendapatkan ePaper koran Pikiran Rakyat versi cetak yang sedang beredar hari ini. Sehingga pembaca Pikiran Rakyat Online bisa mendapatkan berita yang sama persis dengan versi cetak melalui Pikiran Rakyat ePaper.



Referensi : www.pikiran-rakyat.com
                www.anneahira.com

0 komentar:

Posting Komentar

Followers