Apple Mania Indonesia Menanti Gadget 112 gram

iPhone 5 diluncurkan di tengah euphoria
‘kemenangan’ Apple atas Samsung.
Peluncurannya diharapkan mampu
menyuntikkan gairah ke ekonomi AS
yang tengah lesu.
Angin dingin musim gugur, tak menghalangi semangat ratusan orang yang mengantre di Apple Store Walnut Creek, California, AS. Mereka rela menginap di pinggir jalan, hanya bermodal kantong tidur, demi menjadi pemilik pertama iPhone 5.

Setelah setahun menunggu, Apple mania sudah tak sabar menjajal ketangguhan iPhone 5. Sehingga hanya dalam 24 jam setelah layanan dibuka pada beberapa pekan yang lalu, setidaknya 2 juta unit iPhone 5 telah dipesan. Pembelian iPhone 5 telah mengalahkan rekor yang dipegang iPhone 4S.

Pesanan telah dikirim pada tanggal 21 September bersamaan dengan penjualan di Apple Store pada 9 negara, antara lain: Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Prancis, Australia, Jepang, Hong Kong dan Singapura. Pengiriman gelombang kedua juga telah dilakukan pada 28 September 2012.

Jutaan iPhone 5 dipasarkan serentak di 22 negara seperti Austria, Belgia, Belanda, Denmark dan sejumlah negara Eropa lainnya. Akhir tahun, iPhone 5 bakal merambah 100 negara di dunia dengan angka penjualan ditargetkan mencapai 50 juta unit.

Sedangkan iPhone 5 di Indonesia, akan diluncurkan akhir Oktober 2012. Namun akhir Oktober nampaknya sudah berlalu. Awal November para iPhone mania Indonesia harap-harap cemas menunggu peluncuran iPhone 5. Gadget ini kini tengah menjalani proses uji sertifikasi di Kementerian Komunikasi dan Informasi.

“Saya sangat menanti-nanti peluncuran iPhone 5, dan tentunya saya juga ingin memiliki iPhone 5 untuk dijadikan bahan penelitian saya.” Ujar Andre Catur P mahasiswa UNIKOM jurusan Informatika

Sejenak Apple bisa menepuk dada, karena pesaing berat mereka, Samsung baru akan melansir gadget teranyarnya sekitar Februari 2013. Galaxy S IV yang diprediksi mampu meredam iPhone 5 disebut-sebut bakal memakai layar 5 inci plus sederet fitur lainnya. Jadi sambil menunggu kemunculan Galaxy S IV, iPhone 5 yang setiap unitnya dibanderol Rp 7 jutaan ini diperkirakan akan terus merajai pasar gadget.

Apple memang berharap banyak pada iPhone 5. Rekor pembelin yang dicatat langsung mengerek saham Apple ke rekor tertinggi, yakni US$700 per lembar. Bahkan menurut JPMorgan, penjualan iPhone 5 bakal menambah setengah poin persentase GDP triwulan keempat AS. Gadget teranyar Apple ini juga disebut akan mendongkrak ekonomi Cina.

Selama ini Apple memang mempercayakan produksi iPhone, iPad, iPod dan seri Mac-nya di Cina. Cina juga diuntungkan dengan penggunaan bahan lokal di produk-produk Apple.

Tangguh bukan tanpa kekurangan, Apple mengklaim iPhone 5 merupakan iPhone teringan dan tertipis dari generasi sebelumnya, yaitu 18% lebih tipis dan 20% lebih ringan, atau hanya berbobot 112 gram. Tampil lebih stylish, dengan bahan kaca di bagian depan dan aluminium di bagian belakang, iPhone 5 menawarkan sederet kelebihan.

Prosesor baru, quad-core Cortex A6 akan membuat iPhone 5 bekerja lebih cepat. Baterai power core, juga memungkinkan pengguna iPhone 5 berselancar selama 8 jam tanpa henti dengan konektivitas jaringan internet 4G.

Simcard nano yang digunakan, 40% lebih kecil dari simcard biasa, sehingga tersedia lebih banyak ruang untuk perangkat lain. RAM iPhone 5 dua kali lebih besar dibanding iPhone 4S, yakni 1 gigabyte dengan pilihan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16, 32, dan 64 gigabyte.

iPhone 5 juga kian memanjakan penggemar fotografi. Kamera 8 megapixel, back illuminated sensor, hybrid IR filter, lima elemen lensa, dan f/2.4 aperture dengan full HD video recording. Sebagai tambahan, Apple juga mencangkokkan dynamic low light mode dengan noise reduction yang mampu memperbaiki kualitas gambar saat cahaya redup.

Tiga buah mikrofon menambah maksimal fasilitas video call maupun video recording. iPhone 5 hadir dengan layar sentuh yang lebih besar (4 inci), dengan resolusi layar 1135x640 pixel. Layar dengan perbandingan 16:9 ini memberikan paduan warna yang lebih baik, sehingga memberikan kualitas terbaik untuk tampilan video dan browsing website.

Namun port baru yang dicangkokkan ke iPhone 5, mengakibatkan aksesori iPhone lama tidak dapat digunakan tanpa konektor. Pasalnya ukuran port baru ini lebih mini dibanding pendahulunya, sehingga iPhone mania harus merogoh kocek untuk membeli lightning adapter agar kompatibel dengan perangkat pendukung lainnya.

Kekurangan iPhone 5 lainnya adalah resolusi layar yang lebih besar membuat tampilan aplikasi akan terlihat tidak penuh pada layar. Ini dikarenakan aplikasi lama belum terbarukan dengan resolusi layar ini. dan reversible.

Memiliki kemampuan facetime melalui jaringan seluler. Kemampuan baterai dengan power core dapat digunakan untuk 4G web  browsing selama 8 jam. Prosesor quad-core Cortex A6 membuat iPhone 5 berselancar dua kali lebih cepat. Audio system dengan 3 mikrofon. Software iOS 6. Dapat berselancar dengan kecepatan tinggi di jaringan 4G LTE. Layar yang lebih besar (4 inci), dengan resolusi 1136x640. Kamera 8MP, 25% lebih kecil dengan resolusi gambar yang lebih besar. Lebih stylish dengan bahan dari aluminium dan kaca. 18% lebih tipis dan 20% lebih ringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers