ROL to Campus Gelar Journalism Training di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kepala Republika Online, Irwan Ariefyanto saat menyampaikan materiRepublika Online Journalism Traning di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Tidak kurang dari 100 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik mengikuti kuliah umum "Journalism Training ROL to Campus" di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, Jumat (19/10). Bahkan acara ROL to Campus ini telah menarik perhatian mahasiswa dari UII Yogyakarta.

Kang One, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa ada empat tujuan diadakannya ROL to Campus ini yaitu memberikan pelatihan jurnalistik, memberikan wadah untuk berkarya melalui kanal Rol To Campus www.republika.co.id., memberi informasi untuk mengikuti kuis atau perlombaan menulis, dan memberi kesempatan menjadi contributor club jurnalis Republika.

Menurutnya mahasiswa wajib memiliki kemampuan menulis. Ini mengingat melalui menulis, mahasiswa mampu membuka dunia. "Itukan tugas mahasiswa sebagai generasi penerus," ucap Kepala Republika Online.

Mahasiswa diberikan materi teknik menulis, fotografi, video, dan cara menyunting yang dibimbing langsung oleh wartawan Republika Online. Tak hanya memberikan teori, para mahasiswa juga langsung ditantang untuk menulis apapun, kemudian mengirimnya ke rtc@rol.republika.co.id.

Selama acara berlangsung, mahasiswa terlihat sangat atraktif. Hal itu dibutikan ketika beberapa peserta mempraktekkan langsung bagaimana menjadi wartawan yang profesional.

"Acaranya seru banget, ilmu pengetahuan kita mengenai jurnalistik semakin bertambah. Sangat disayangkan deh buat teman-teman yang gak ikut ROL to Campus ini." jelas Intan, mahasiswi semester 1 Ilmu Komunikasi Jurnalistik.

Pelatihan Rol to Campus merupakan bentuk kepedulian dari Republika Online berbagi tentang ilmu tulis- menulis di kalangan mahasiswa. "Harapannya, melalui pelatihan ini akan mendorong mahasiswa lebih aktif menulis. Kami akan berikan tips dan triks bagaimana menulis yang baik dan benar," kata Kang One

Sebelum acara ditutup, para peserta dan pemateri dari wartawan Republika Online berfoto bersama. Senyum sumeringah terpancar dari wajah peserta yang ilmunya telah bertambah. Semoga di lain waktu ROL to Campus bisa berkunjung lagi ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Novi Adriyanti-Red)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers